Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan

Authors

  • Tantri Risda Zubaidah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Author
  • Achmad Wicaksono Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Author

DOI:

https://doi.org/10.55732/1ff3wk32

Keywords:

Action Research, Kepatuhan Wajib Pajak, SPT, NIK-NPWP, Pelayanan Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan kualitas layanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan melalui praktik langsung. Peran mahasiswa sebagai relawan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Selatan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung pelaksanaan program pelayanan pajak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (action research) digunakan dalam bentuk siklus identifikasi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk memperbaiki proses pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi petugas pajak dan mahasiswa akuntansi mengenai administrasi pajak yang efektif serta layanan wajib pajak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam proses pelaporan pajak dan pemadanan NIK-NPWP, yang berdampak pada peningkatan kepatuhan wajib pajak di wilayah Sidoarjo Selatan.

This study aims to improve taxpayer compliance and the quality of tax services at the Sidoarjo Selatan Pratama Tax Service Office (KPP) through direct practice. The role of students as tax volunteers at the Sidoarjo Selatan Pratama Tax Service Office provides a significant contribution in supporting the implementation of tax service programs. This research method uses an Action research approach used in the form of a cycle of problem identification, action implementation, observation, and reflection to improve the service process. This study provides valuable insights for tax officers and accounting students regarding effective tax administration and taxpayer services. The results of the study show significant improvements in the tax reporting process and NIK-NPWP matching, which have an impact on increasing taxpayer compliance in the Sidoarjo Selatan area.

References

Ahmad, E. F., & Dasuki, T. M. S. (2023). Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(2), 68–77. https://doi.org/10.56916/jimab.v2i2.386

Dewi, N. S., & Mahi, B. R. (2022). Peran Penyuluhan Pajak terhadap Inefisiensi Pemungutan Pajak di Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(2), 212–226. https://doi.org/10.21067/jem.v18i2.7277

Faisol, I. A., & Chamalinda, K. N. L. (2022). Pendampingan Pengisian dan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2022. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 579–584. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i6.301

Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Karanganyar. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.18196/rab.040153

Hertati, L. (2021). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perpajakan dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 59–70. https://doi.org/10.38204/jrak.v7i2.560

Hillier, L. (2024). People-driven Solutions: An Introduction to Facilitating Deep Participation for Systemic Change Through Systemic Action Research Programming. https://doi.org/10.19088/CLARISSA.2024.040

Krisanti, & Diatmika, I. P. G. (2023). Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, Dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada KPP Pratama Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(03), 811–823. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.65115

Pajak, D. J. (2024). Pajak. DJP Online. https://pajak.go.id/id/pajak

Rahayu, D. S., Wicaksono, A., Rohmah, F. Y., Parahita, A. S., Mubarok, M. S., Hariyanto, W. E., Almufidah, E. Z., & Praciana, Y. A. (2023). Pendampingan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Melalui E-Filing di Mall Ciplaz Sidoarjo. PASAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.58477/pasai.v2i2.138

Sukarno, M. H., Nugroho, L., & Iskandar, D. (2022). Kajian Optimalisasi Penerimaan Pajak Terhadap Perkembangan Transaksi E-Commerce di Era Ekonomi Digital. Jurnal Economina, 1(4), 945–957. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.208

Taufik, K. (2018). Modernization of the Tax Administration System: A Theoretical Review of Improving Tax Capacity. E3S Web of Conferences, 73, 10022. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20187310022

Tobing, E. G. L., & Kusmono, K. (2022). Modernisasi Administrasi Perpajakan: NIK Menjadi NPWP. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(2), 183–193. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2.1674

Wicaksono, A., Fahriani, D., Muzakki, K., & Novie, M. (2023). Pendampingan Pengisian Spt Tahunan Orang Pribadi Di Wilayah Sidoarjo Selatan. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 3(2), 123–128. https://doi.org/10.33019/depati.v3i2.4548

Wicaksono, A., Sharfina, D., & Syarif’ah, S. N. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Masyarakat Dalam Melaporkan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Literature Riview). Nisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 395–405.

Wood, L. (2019). Participatory Action Learning and Action Research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429441318

Published

04-10-2024

How to Cite

Zubaidah, T. R., & Wicaksono, A. (2024). Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan. Praktek Kerja Lapang Akuntansi, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.55732/1ff3wk32