Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan
DOI:
https://doi.org/10.55732/1ff3wk32Keywords:
Action Research, Kepatuhan Wajib Pajak, SPT, NIK-NPWP, Pelayanan PajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan kualitas layanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Selatan melalui praktik langsung. Peran mahasiswa sebagai relawan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Selatan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung pelaksanaan program pelayanan pajak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan (action research) digunakan dalam bentuk siklus identifikasi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk memperbaiki proses pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi petugas pajak dan mahasiswa akuntansi mengenai administrasi pajak yang efektif serta layanan wajib pajak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam proses pelaporan pajak dan pemadanan NIK-NPWP, yang berdampak pada peningkatan kepatuhan wajib pajak di wilayah Sidoarjo Selatan.
This study aims to improve taxpayer compliance and the quality of tax services at the Sidoarjo Selatan Pratama Tax Service Office (KPP) through direct practice. The role of students as tax volunteers at the Sidoarjo Selatan Pratama Tax Service Office provides a significant contribution in supporting the implementation of tax service programs. This research method uses an Action research approach used in the form of a cycle of problem identification, action implementation, observation, and reflection to improve the service process. This study provides valuable insights for tax officers and accounting students regarding effective tax administration and taxpayer services. The results of the study show significant improvements in the tax reporting process and NIK-NPWP matching, which have an impact on increasing taxpayer compliance in the Sidoarjo Selatan area.
References
Ahmad, E. F., & Dasuki, T. M. S. (2023). Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(2), 68–77. https://doi.org/10.56916/jimab.v2i2.386
Dewi, N. S., & Mahi, B. R. (2022). Peran Penyuluhan Pajak terhadap Inefisiensi Pemungutan Pajak di Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(2), 212–226. https://doi.org/10.21067/jem.v18i2.7277
Faisol, I. A., & Chamalinda, K. N. L. (2022). Pendampingan Pengisian dan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2022. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 579–584. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i6.301
Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Karanganyar. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.18196/rab.040153
Hertati, L. (2021). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perpajakan dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 59–70. https://doi.org/10.38204/jrak.v7i2.560
Hillier, L. (2024). People-driven Solutions: An Introduction to Facilitating Deep Participation for Systemic Change Through Systemic Action Research Programming. https://doi.org/10.19088/CLARISSA.2024.040
Krisanti, & Diatmika, I. P. G. (2023). Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, Dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada KPP Pratama Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(03), 811–823. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i03.65115
Pajak, D. J. (2024). Pajak. DJP Online. https://pajak.go.id/id/pajak
Rahayu, D. S., Wicaksono, A., Rohmah, F. Y., Parahita, A. S., Mubarok, M. S., Hariyanto, W. E., Almufidah, E. Z., & Praciana, Y. A. (2023). Pendampingan Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Melalui E-Filing di Mall Ciplaz Sidoarjo. PASAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.58477/pasai.v2i2.138
Sukarno, M. H., Nugroho, L., & Iskandar, D. (2022). Kajian Optimalisasi Penerimaan Pajak Terhadap Perkembangan Transaksi E-Commerce di Era Ekonomi Digital. Jurnal Economina, 1(4), 945–957. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.208
Taufik, K. (2018). Modernization of the Tax Administration System: A Theoretical Review of Improving Tax Capacity. E3S Web of Conferences, 73, 10022. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20187310022
Tobing, E. G. L., & Kusmono, K. (2022). Modernisasi Administrasi Perpajakan: NIK Menjadi NPWP. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(2), 183–193. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2.1674
Wicaksono, A., Fahriani, D., Muzakki, K., & Novie, M. (2023). Pendampingan Pengisian Spt Tahunan Orang Pribadi Di Wilayah Sidoarjo Selatan. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 3(2), 123–128. https://doi.org/10.33019/depati.v3i2.4548
Wicaksono, A., Sharfina, D., & Syarif’ah, S. N. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Masyarakat Dalam Melaporkan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Literature Riview). Nisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 395–405.
Wood, L. (2019). Participatory Action Learning and Action Research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429441318
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Praktek Kerja Lapang Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.