Optimalisasi Sistem dan Prosedur Pembayaran Tagihan serta Pengelolaan Keperluan Internal Kantor Melalui Program Praktek Kerja Lapangan

Authors

  • Aliefia Enggal Saharani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Author
  • Achmad Wicaksono Author

DOI:

https://doi.org/10.55732/3rxfjj45

Keywords:

Aplikasi Open Bravo, Optimalisasi Sistem, Prosedur Pembayaran Tagihan, PT. Indoarsip Buana Sentosa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap sistem dan prosedur pembayaran tagihan serta pengelolaan keperluan internal kantor melalui program PKL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembayaran yang diterapkan sudah berjalan dengan baik, didukung oleh penggunaan aplikasi Open Bravo yang efektif dalam mempermudah proses pembayaran, meningkatkan akurasi data, dan mempercepat koordinasi antar departemen. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti peningkatan pelatihan pengguna dan pemeliharaan sistem untuk menjaga kinerja yang optimal. Kontribusi penelitian ini terletak pada identifikasi faktor pendukung dan kendala dalam implementasi sistem pembayaran di lingkungan kantor, serta rekomendasi untuk optimalisasi kinerja sistem yang berkelanjutan.

This study aims to analyze the bill payment system and procedures and the management of internal office needs through the PKL program. The method used in this study is descriptive qualitative, with data collection through direct observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the payment system implemented has been running well, supported by the use of the Open Bravo application which is effective in simplifying the payment process, increasing data accuracy, and accelerating coordination between departments. However, there are several aspects that need to be improved, such as improving user training and system maintenance to maintain optimal performance. The contribution of this study lies in the identification of supporting factors and constraints in the implementation of the payment system in the office environment, as well as recommendations for optimizing sustainable system performance.

References

Amalina, N., Prakoso, S. T., & Sari, D. P. (2023). Pelatihan Keuangan Berbasis Teknologi Umkm Sebagai Pendukung Internal Organisasi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 269–276. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i2.6001

Aprianti, D., & Putri, W. (2024). Menata Ruang dan Teknologi: Memahami Peran Sarana dan Prasarana Kantor dalam Mendukung Efektivitas Kerja Karyawan. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(3), 13. https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2600

Daffa, M., Nurkhin, A., Maghfira, N. A., & Wedadjati, R. S. (2024). The Influence Of The Perception Of Business Actors About Accounting, Accounting Knowledge And Business Scale On The Use Of Accounting Information For MSMEs In The Special Region Of Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, 13(2), 541–554. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i02

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Huang, S. M., Annasya, Z. Z., Purnomo, A., Salim, G., Angelus, M., & Inasius, F. (2023). Analysis of Price and Market Capitalization of Alternative Coin As a Cryptocurrency Market Education Facility in Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(8), 3122–3132. www.jatit.org

Kartikasari, A. (2015). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi pada Tjiang Residence. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, Query date: 2021-11-24 20:43:43. http://repository.unika.ac.id/9661/

Maulina, A., Adhari, A., Wijayaningsih, N., Yuliyanti, P., & Reisqiananda, R. (2024). Efektivitas Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Kualitas Laporan Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (2019 – 2022). Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(5), 413–418. https://doi.org/10.58344/locus.v3i5.2634

Muzakki, K., & Fahriani, D. (2022). Implementasi Digital Marketing dan Strategi Sustainability UMKM Pengrajin Kayu Kota Blitar. Journal of Research and Technology, 8(1), 41–50. https://doi.org/10.55732/jrt.v8i1.622

Sumarwanti, A., & Wicaksono, A. (2024). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Siklus Penggajian pada PT Bintang Makmur. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1–5. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.781

Talompo, H. P., & Setiawan, D. E. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Lembaga Pendidikan. Research Fair UNISRI, 5(1), 33. https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4558

Umrah, M., Setiono, H., & Isnaini, N. F. (2023). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Prosedur Pengelolaan Tagihan Pembayaran Vendor Melalui Aplikasi MIRO SAP dan Sistem Pengendalian Internal bagi Peningkatan Kinerja Karyawan pada PT PLN (Persero) UP3 Mojokerto. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2, 718–735.

Wicaksono, A., Sofa, D. M., & Iswanto, D. (2024). Pelatihan Administrasi Keuangan Dan Kesekretariatan Bagi Generasi Z Di Wilayah Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1319

Published

10-10-2024

How to Cite

Saharani, A. E., & Wicaksono, A. (2024). Optimalisasi Sistem dan Prosedur Pembayaran Tagihan serta Pengelolaan Keperluan Internal Kantor Melalui Program Praktek Kerja Lapangan. Praktek Kerja Lapang Akuntansi, 1(1), 16-31. https://doi.org/10.55732/3rxfjj45