Optimalisasi Pencatatan E-commerce pada Perusahaan: Input Data Shopee ke Google Sheets

Authors

  • Syarifah Nadia Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Author
  • Chairil Anwar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Author

DOI:

https://doi.org/10.55732/25tem728

Keywords:

Google Sheets, Integrasi Data Penjualan, Optimalisasi Pengelolaan Keuangan, Pencatatan E-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencatatan penjualan e-commerce di platform Shopee menggunakan Google Sheets. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah kesulitan dalam mengelola pencatatan transaksi secara manual yang sering kali memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi langsung terhadap proses pencatatan di PT Aliyan Jaya Perkasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi data penjualan Shopee ke Google Sheets dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan data penjualan secara real-time. Kontribusi penelitian ini terletak pada pengembangan proses pencatatan digital yang lebih terstruktur bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

This study aims to optimize e-commerce sales recording on the Shopee platform using Google Sheets. The problem faced by the company is the difficulty in managing manual transaction recording which is often time-consuming and prone to errors. The research method used is a qualitative approach with direct observation of the recording process at PT Aliyan Jaya Perkasa. The results of the study indicate that the integration of Shopee sales data into Google Sheets can improve efficiency and accuracy in managing sales data in real time. The contribution of this study lies in the development of a more structured digital recording process for small and medium businesses.

References

Akbar, M. N., & Ariesta, A. (2021). E-Commerce Based Digital Marketing Using Business Model Canvas. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 127–132. https://doi.org/10.25139/inform.v6i2.3985

Anjarwati, S., Zaena, R. R., Fitrianingsih, D., & Sulistiana, I. (2023). Pengaruh Digitalisasi Akuntansi terhadap Efisiensi dan Pengurangan Biaya pada Perusahaan Wirausaha UMKM di Kota Bandung. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 43–58. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i1.181

Darmayasa, I. N., & Kumontoy, M. (2022). Optimizing Income Tax and Value Added Tax on E-Commerce Transaction. Proceedings of the First Lekantara Annual Conference on Public Administration, Literature, Social Sciences, Humanities, and Education, LePALISSHE 2021, August 3, 2021, Malang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.3-8-2021.2315147

Dharmawan, W. (2023). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Keuangan Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.31294/justian.v4i1.1952

Erstiawan, M. S., Candraningrat, & Wibowo, J. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 105–110.

Faris, M., & Ratnawat, S. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Perangkat Lunak, 5(2), 210–216. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i2.2629

Fauzi, Rahmayana, L., Wulandari, I., & Sugiharto, B. H. (2023). Mengapa Digitalisasi Akuntasi Harus di Lakukan Pada Perusahaan UMKM : Sebuah Tinajaun Pustaka. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 43–56. https://doi.org/10.52005/aktiva.v5i1.179

Gao, J., Siddik, A. B., Khawar Abbas, S., Hamayun, M., Masukujjaman, M., & Alam, S. S. (2023). Impact of E-Commerce and Digital Marketing Adoption on the Financial and Sustainability Performance of MSMEs during the COVID-19 Pandemic: An Empirical Study. Sustainability (Switzerland), 15(2). https://doi.org/10.3390/su15021594

Hidayatuloh, S., Kusumaningtyas, R. H., & Aziati, Y. (2021). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean. Applied Information System and Management (AISM), 2(2). https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20159

Kartikasari, N., Ambarwati, R., & Pebrianggara, A. (2023). Marketing Content Analysis of Korean Drama Streaming Platforms: Social Network Analysis on Twitter. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal). https://doi.org/10.33258/birci.v6i2.7561

Kusuma, C. S. D., Faradilla, C., Augustinah, F., Haryati, T., Seseli, E. M. I., Panggabean, E. P. A., Ubjaan, J., Sarwani, S., Bagenda, C., Witi, F. L., Khudori, A. N., Grace, E., Fauziah, F., Albab, U., Lesnussa, J. U., Girsang, R. M., & Rosharita, R. (2024). E-Commerce Suatu Pengantar Bisnis Digital (A. Setyawati & A. Sudirman (eds.)). Eureka Media Aksara.

Mashuri, A. A. S., & Ermaya, H. N. L. (2021). Peningkatan Kualitas Penyusunan Laporan Keuangan Manual Menjadi Digitalisasi Akuntansi Sederhana Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Serang. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9501

Nuryahya, E., Ichsana, Y., & Andini, K. M. (2019). Perilaku Pengguna Sistem Informasi Akuntansi E-Commerce. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(3). https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2019.10.3.29

Saputra, M., Rahmadani, A., Elvina, A., & Fahlefi, R. (2023). Dampak E-Commerce terhadap Pendapatan Pedagang Sandang di Pasar Batusangkar. TAMWIL, 9(2), 101. https://doi.org/10.31958/jtm.v9i2.11017

Ummah, M. S. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan Potensi Pasar Produk Lokal dengan E-Commerce pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279

Zubaidah, T. R., Wadhah, A. N., & Muzakki, K. (2024). Optimalisasi Pembudayaan Pengelolaan Keuangan UMKM Melalui Pendekatan Akuntansi. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.55732/nemr.v2i1.1259

Published

28-10-2024

How to Cite

Nadia, S., & Anwar, C. (2024). Optimalisasi Pencatatan E-commerce pada Perusahaan: Input Data Shopee ke Google Sheets. Praktek Kerja Lapang Akuntansi, 1(1), 32-39. https://doi.org/10.55732/25tem728