Penentuan Harga Produk Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Yuliana Adinda Putri Universitas Teknologi Surabaya Author
  • Devi Maya Sofa Universitas Teknologi Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.55732/mhn10981

Keywords:

Pricing, Customer Loyalty, Marketing Strategy, Penentuan harga, Loyalitas Pelanggan, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penetapan harga produk yang efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, FGD, observasi non-partisipan, dan analisis dokumen. Informan mencakup manajemen, staf operasional, serta pelanggan loyal dan non-loyal. Hasil penelitian menunjukkan tiga tema utama dalam persepsi pelanggan terhadap strategi harga: transparansi harga, konsistensi nilai, dan kecepatan respons terhadap dinamika pasar. Empat dimensi strategi harga yang berkontribusi terhadap loyalitas meliputi fleksibilitas harga, personalisasi penawaran, kebijakan diskon, dan struktur pembayaran. Faktor kontekstual seperti persaingan industri, karakteristik pelanggan, siklus hidup produk, dan dinamika makroekonomi memoderasi hubungan tersebut. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan berbasis nilai, transparansi komunikasi harga, dan integrasi strategi lintas fungsi. Temuan ini memberikan kontribusi praktis dan teoretis dalam pengembangan strategi harga berbasis loyalitas pelanggan di sektor bisnis Indonesia.

This study aims to examine effective product pricing strategies in increasing customer loyalty. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through in-depth interviews, FGDs, non-participant observations, and document analysis. Informants included management, operational staff, and loyal and non-loyal customers. The results showed three main themes in customer perceptions of pricing strategies: price transparency, value consistency, and responsiveness to market dynamics. Four dimensions of pricing strategies that contribute to loyalty include price flexibility, personalization of offerings, discount policies, and payment structures. Contextual factors such as industry competition, customer characteristics, product life cycles, and macroeconomic dynamics moderate the relationship. This study recommends a value-based approach, transparency of price communication, and integration of cross-functional strategies. These findings provide practical and theoretical contributions to the development of customer loyalty-based pricing strategies in the Indonesian business sector.

References

Ahmadi, D., Ainorrofiqie and Santoso, F. (2024) ‘Strategi Marketing Mix (Product, Promotion, Price, Place) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Perspektif UMKM Sumenep Kota’, Neo-Bis, 13(2), pp. 219–226.

Amalia, S.R. et al. (2024) Manajemen Pemasaran Bisnis. 1st edn. Medan: PT Media Penerbit Indonesia.

Chatra, M.A. et al. (2023) Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. Edited by E. Efitra, S. Sepriano, and A. Juansa. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dwipa, P.A. and Wardhani, S.L. (2024) ‘Pengaruh Service Quality, Price Perception, Dan Trust Terhadap Customer Loyalty Di Thanks For Solution Hair Studio’, JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp. 119–129.

Handayani, K. (2024) ‘Strategi Adaptif untuk Mempertahankan Tenaga Kerja di Era Society5.0: Menghadapi Tantangan Cobot’, Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(3), pp. 185–200.

Kamayanti, A. (2020) Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (Edisi Revisi). Edited by A.D. Mulawarman. Malang: Penerbit Peneleh.

Lesmana, N. et al. (2022) Manajemen Pemasaran. 1st edn. Edited by H. Herman. Depok: Strategy Cita Semesta.

Mamonto, D.L., Machmud, R. and Amali, L.M. (2024) ‘Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Kelontong Lestari Di Kota Kotamobagu’, Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 7(1), pp. 317–323.

Nurazizah, S., Fauzi, A. and Supardi (2023) ‘Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan’, 4(2), pp. 253–264.

Reni Widiastuti (2024) ‘Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan’, Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, dan Pajak, 1(1), pp. 31–52. Available at: https://doi.org/10.61132/jbep.v1i1.38.

Setiyono, J. and Sutrimah, S. (2016) ‘Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS)’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 297–310. Available at: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263.

Shantilawati, I., Anindya, A. and Suryadi, I. (2024) ‘Penerapan Pricing Strategy Dalam Manajemen Bisnis Pada Umkm (Studi Kasus Kopi Janji Jiwa)’, Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), p. 929. Available at: https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1065.

Sugiono (2019) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. London: Alphabeta.

Wijaya, A.S.G. (2024) ‘Strategi Manajerial Dalam MEningkatkan Daya Saing Bisnis Lokal’, Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 122–133.

Downloads

Published

29-04-2025

How to Cite

Adinda Putri, Y., & Sofa, D. M. (2025). Penentuan Harga Produk Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Praktek Kerja Lapang Akuntansi, 1(2), 88-96. https://doi.org/10.55732/mhn10981