Penentuan Harga Produk Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Penulis

  • Yuliana Adinda Putri Universitas Teknologi Surabaya Penulis
  • Devi Maya Sofa Universitas Teknologi Surabaya Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/mhn10981

Kata Kunci:

Penentuan harga, Loyalitas Pelanggan, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetapan harga produk yang efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi kompleksitas hubungan antara kebijakan harga dan perilaku pelanggan melalui wawancara mendalam, focus group discussion, analisis dokumen, dan observasi non-partisipan. Informan penelitian meliputi jajaran manajemen, staf operasional, pelanggan loyal, dan pelanggan yang berhenti menggunakan produk perusahaan. Hasil penelitian mengungkapkan tiga tema utama dalam persepsi pelanggan terhadap strategi harga: transparansi harga, konsistensi nilai, dan kecepatan respons terhadap dinamika pasar. Penelitian ini juga mengidentifikasi empat dimensi strategi harga yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan: fleksibilitas harga, personalisasi penawaran, kebijakan diskon, dan struktur pembayaran. Faktor-faktor kontekstual seperti kondisi persaingan industri, karakteristik segmen pelanggan, siklus hidup produk, dan dinamika makroekonomi terbukti memoderasi hubungan antara strategi harga dan loyalitas. Implikasi strategis yang direkomendasikan meliputi pergeseran dari pendekatan berbasis biaya menuju pendekatan yang mengintegrasikan pertimbangan nilai pelanggan, peningkatan transparansi komunikasi harga, personalisasi strategi berdasarkan karakteristik pelanggan, integrasi yang lebih baik antara strategi harga dengan inisiatif pemasaran dan layanan pelanggan lainnya, serta pengembangan mekanisme evaluasi yang lebih sistematis. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam mengoptimalkan strategi penetapan harga dan kontribusi teoretis dalam pengembangan pengetahuan mengenai hubungan antara strategi harga dan loyalitas pelanggan dalam konteks bisnis di Indonesia.

Referensi

Ahmadi, D., Ainorrofiqie and Santoso, F. (2024) ‘Strategi Marketing Mix (Product, Promotion, Price, Place) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Perspektif UMKM Sumenep Kota’, Neo-Bis, 13(2), pp. 219–226.

Amalia, S.R. et al. (2024) Manajemen Pemasaran Bisnis. 1st edn. Medan: PT Media Penerbit Indonesia.

Chatra, M.A. et al. (2023) Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. Edited by E. Efitra, S. Sepriano, and A. Juansa. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dwipa, P.A. and Wardhani, S.L. (2024) ‘Pengaruh Service Quality, Price Perception, Dan Trust Terhadap Customer Loyalty Di Thanks For Solution Hair Studio’, JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), pp. 119–129.

Handayani, K. (2024) ‘Strategi Adaptif untuk Mempertahankan Tenaga Kerja di Era Society5.0: Menghadapi Tantangan Cobot’, Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(3), pp. 185–200.

Kamayanti, A. (2020) Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (Edisi Revisi). Edited by A.D. Mulawarman. Malang: Penerbit Peneleh.

Lesmana, N. et al. (2022) Manajemen Pemasaran. 1st edn. Edited by H. Herman. Depok: Strategy Cita Semesta.

Mamonto, D.L., Machmud, R. and Amali, L.M. (2024) ‘Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Kelontong Lestari Di Kota Kotamobagu’, Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 7(1), pp. 317–323.

Nurazizah, S., Fauzi, A. and Supardi (2023) ‘Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan’, 4(2), pp. 253–264.

Reni Widiastuti (2024) ‘Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan’, Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, dan Pajak, 1(1), pp. 31–52. Available at: https://doi.org/10.61132/jbep.v1i1.38.

Setiyono, J. and Sutrimah, S. (2016) ‘Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS)’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 297–310. Available at: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263.

Shantilawati, I., Anindya, A. and Suryadi, I. (2024) ‘Penerapan Pricing Strategy Dalam Manajemen Bisnis Pada Umkm (Studi Kasus Kopi Janji Jiwa)’, Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), p. 929. Available at: https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1065.

Sugiono (2019) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. London: Alphabeta.

Wijaya, A.S.G. (2024) ‘Strategi Manajerial Dalam MEningkatkan Daya Saing Bisnis Lokal’, Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 122–133.

Diterbitkan

2025-04-29

Cara Mengutip

Adinda Putri, Y., & Sofa, D. M. (2025). Penentuan Harga Produk Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Praktek Kerja Lapang Akuntansi, 1(2), 88-96. https://doi.org/10.55732/mhn10981