Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Loyalitas Merek di Kalangan Generasi Z

Penulis

  • Jannatul Afriany Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Utara Penulis
  • Sarah Pawiati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Penulis
  • Melinda Putri Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta Penulis
  • Nahla Rusiani Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan Penulis
  • Hermanto Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/zpwtvs50

Kata Kunci:

Generasi Z, Loyalitas Merek, Media Sosial, Pemasaran Digital, SLR, Brand Loyalty, Social Media, Digital Marketing

Abstrak

Penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran utama telah berkembang pesat, terutama dalam membangun loyalitas merek di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam memanfaatkan media sosial untuk membangun loyalitas merek melalui systematic literature review. Data dikumpulkan dari literatur relevan periode 2021–2023 menggunakan database akademik seperti Scopus dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti konten autentik, interaksi aktif, dan kolaborasi dengan influencer terbukti meningkatkan keterlibatan dan loyalitas merek di Generasi Z. Kebaharuan penelitian ini terletak pada pendekatan sistematis dalam analisis literatur serta fokus khusus pada Generasi Z sebagai konsumen unik. Implikasi penelitian ini memberikan panduan praktis untuk mengoptimalkan pemasaran digital dan membuka peluang studi lanjutan terkait strategi berbasis teknologi baru.

The use of social media as a primary marketing tool has grown rapidly, especially in building brand loyalty among Generation Z. This study aims to identify effective strategies in utilizing social media to build brand loyalty through a systematic literature review. Data were collected from relevant literature for the period 2021–2023 using academic databases such as Scopus and Google Scholar. The results of the study show that strategies such as authentic content, active interaction, and collaboration with influencers have been shown to increase engagement and brand loyalty among Generation Z. The novelty of this study lies in the systematic approach in literature analysis and a special focus on Generation Z as unique consumers. The implications of this research provide practical guidance for optimizing digital marketing and open up opportunities for further studies related to new technology-based strategies.

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Loyalitas Merek di Kalangan Generasi Z. (2025). Praktek Kerja Lapangan Manajemen, 1(2), 53-59. https://doi.org/10.55732/zpwtvs50